Pembukaan Wedding Batak Exhibition 2024

Siapa yang ga kenal suku Batak, salah satu suku yang cukup terkenal dengan adat istiadat dan ritual budaya yang cukup kental. Indonesia memang kaya budaya, salah satu suku yang memperkaya budaya ini ya suku Batak. Di dalam budaya Batak, banyak sekali ritual budaya dalam setiap perjalanan kehidupannya, termasuk pernikahan.

Pernikahan dengan adat suku Batak termasuk yang menarik dan cukup banyak prosesinya. Bila teman-teman tertarik untuk mempelajari pernikahan adat Batak dan segala pernak perniknya, datanglah ke Wedding Batak Exhibition 2024 yang diadakan di Smesco Convention Hall yang diselenggarakan 7-8 September 2024. 

Buat calon pengantin yang akan menggunakan adat budaya Batak juga perlu nih datang dan lihat langsung, ada banyak tenant mulai MUA, catering, dekor yang semuanya spesialis dibidang Batak Wedding. Menarik kan?


Wedding Batak Exhibition 2024
Wedding Batak Exhibition 2024


Wedding Batak Exhibition 2024 dipersembahkan Helaparumaen dan Chathaulos, merupakan acara yang pertama kali digelar di Indonesia untuk merayakan dan mempromosikan kekayaan budaya Batak.

Acara ini mengundang masyarakat luas untuk menyaksikan dan merasakan langsung pesona tradisi Batak dalam berbagai bentuk.

Menurut Martha Simanjuntak, Project Director WBE 2024, acara ini dirancang mempertemukan para vendor pernikahan Batak dan nasional dengan calon mempelai, sekaligus memberikan ruang bagi talenta muda untuk menampilkan keterampilan dan kreativitasnya dalam fashion, musik, dan tarian tradisional Batak.

Harapannya sih Wedding Batak Exhibition 2024 ini dapat mengangkat UKM ekonomi kreatif yang bergerak di berbagai sektor pendukung serta melestarikan dan memperkenalkan budaya Batak kepada masyarakat luas

Acara ini juga diharapkan menjadi gerakan budaya untuk mempertahankan identitas bangsa melalui budaya Batak.

Ternyata, suku Batak itu ada lima budaya Batak utama—Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, dan Batak Mandailing—, nah dalam acara ini, semua budaya ini akan tampil dan dimunculkan. Dengan adanya acara ini bisa memperkenalkan kekayaan tradisi pernikahan Batak yang unik dan beragam.

Pembukaan Wedding Batak Exhibition 2024

Pada 7 September 2024, Wedding Batak Exhibition 2024 resmi dibuka dengan prosesi acara mulai dari sambutan dari ibu Martha Sirait Br. Napitupulu yang merupakan Batak Steering Committee, pembukaan acara dengan pemukulan latiding *cmiiw, tarian 5 adat Batak, sampai penyajian lagu Batak.


Pembukaan Wedding Batak Exhibition 2024
Pembukaan Wedding Batak Exhibition 2024


"Batak untuk Indonesia" menjadi tagline yang menggema dalam acara ini, menegaskan bahwa budaya Batak dengan segala tradisi, adat, dan nilai-nilainya berkontribusi signifikan dalam memperkaya keragaman budaya Indonesia.

Melalui pameran ini, diharapkan masyarakat luas dapat melihat bahwa budaya Batak tidak hanya relevan bagi masyarakat Batak sendiri, tetapi juga mampu memberikan inspirasi dan nilai-nilai yang dapat diapresiasi oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

"Ini adalah kesempatan emas bagi kami untuk menyatukan budaya Batak dalam konteks kebangsaan yang lebih luas," tambah Martha.

"Kami ingin menunjukkan bahwa setiap budaya daerah memiliki peran penting dalam membangun identitas nasional yang beragam dan inklusif."

Hongkia Doni Silalahi sebagai Program Director WBE 2024 juga menyampaikan bahwa acara ini akan menghadirkan beragam kegiatan menarik, termasuk pameran budaya, fashion show, talk show, konser musik, dan kompetisi make-up artist (MUA).

Semua ini dirancang untuk menyoroti talenta-talenta muda dan memberikan panggung bagi mereka untuk bersinar, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih mengenal dan menghargai budaya Batak secara mendalam.


Komentar

Postingan Populer